Let’s travel together.

Yuk! Intip Bagaimana Perkembangan Gamelan yang Ada di Indonesia

0 115

Gamelan adalah salah satu warisan budaya yang dimiliki Indonesia yang harus kita lestarikan. Setelah usai acara Internasional Gamelan Festival (IGF), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan site performance bersama para pelaku dan seniman gamelan dari negara lain ke beberapa kota, termasuk Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Blora, dan Boyolali yang bertujuan untuk mengetahui dari mana gamelan itu berasal, napak tilas sejarah gamelan hingga mengetahui perkembangan gamelan pada masa sekarang.

Gamelan Jawa merupakan ensemble musik yang menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong yang menghasilkan sebuah harmonisasi nada yang selaras dan indah. Gamelan kini semakin digandrungi di berbagai kalangan. Hal ini menunjukkan bahwa gamelan Jawa harus dilestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Siswa SMAN 1 Boyolali sedang memainkan gamelan. Doc : kapankitakemana.id

Peserta gamelan dari luar negeri. Doc: kapankitakemana.id

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita harus merasa bangga karena musik gamelan kini sudah mendunia. Banyak sekali seniman asing yang mulai menggandrungi gamelan dan memainkan gamelan di negara mereka.

Sejarah gamelan Jawa

Gamelan terus berkembang hingga pada saat ini. Doc : kapankitakemana.id

Musik gamelan diciptakan oleh Sang Hyang Guru Era Saka, seorang penguasa tanah Jawa. Konon istananya berada di gunung Lawu, di daerah Medang Kamulan. Alat musik pertama yang diciptakan adalah Gong untuk digunakan memanggil para dewa.

Setelah itu barulah alat musik pendamping dia ciptakan juga untuk menyampaikan pesan yang sifatnya khusus. barulah terbentuk sebuah gamelan yang komplit, seperti yang Traveler ketahui saat ini.

Pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit, Gamelan berkembang begitu pesat. Bahkan menyebar ke berbagai daerah, seperti Bali dan Sunda. Tapi, gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali atau pun Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut.

Perkembangan gamelan di Pulau Jawa

Serangkaian gamelan. Doc: kapankitakemana.id 

Awal mulanya Gamelan Jawa hanya dipakai untuk mengiringi sebuah pagelaran wayang dan pertunjukan tari di Keraton. Namun, seiring perkembangan zaman gamelan pun menjadi sarana untuk penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Hingga saat ini gamelan mampu menarik perhatian sejumlah orang dan menjadi pertunjukan rakyat mengiringi para perawit atau sinden.

Traveler juga bisa menikmati pertunjukan gamelan di keraton Solo atau Yogyakarta. Bahkan pertunjukan gamelan kini sering digunakan sebagai musik untuk pembukaan sebuah acara dan maupun upacara perkawinan adat Jawa.

Mengintip proses pembuatan gamelan di Boyolali

proses pembuatan aksesoris gamelan. Doc: kapankitakemana.id

Jika Traveler penasaran bagaimana gemalen itu dibuat, Traveler bisa melihat proses pembuatan gamelan di Dallank Art di Desa Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Di sana, Traveler bisa menengok bagaimana gamelan itu diproses dari besi hingga menghasilkan suara merdu dan indah untuk dinikmati.

Sebagai bangsa Indonesia, kita patut bangga, lho. Pasalnya gamelan sekarang sudah mendunia dan bisa dinikmati oleh setiap kalangan di belahan dunia. Jadi, tetap junjung budaya dan melestarikannya ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.