Let’s travel together.

Mau Liburan ke Dieng, Panduan Perjalanan Ini Bisa Menjadi Referensi Lho!

0 102

Dieng merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Dataran tinggi Dieng selalu ramai saat di akhir pekan apalagi saat musim liburan. Setiap tahunnya di Dieng juga digelar sebuah event tahunan, yaitu Dieng Culture Festival yang biasanya diadakan pada bulan Agustus.

Nah jika Traveler ingin datang ke Dieng. Traveler bisa simak panduan perjalanan ke Dieng berikut ini.

destinasi dieng
Keindahan alam Dieng. Doc : kapankitakemana.id

Pilihan transportasi yang bisa Traveler gunakan untuk datang ke Dieng

Untuk datang ke Dieng, Traveler bisa menggunakan beberapa macam moda transportasi. Mulai dari Transportasi darat dengan menggunakan bus umum, kereta atau kendaraan pribadi. Traveler juga bisa menggunakan moda transportasi udara seperti pesawat. Nah, mari kita bahas rute dengan menggunakan moda transportasi tersebut.

Menggunakan bus atau kendaraan pribadi

Transportasi yang pas menuju Dieng sebenarnya menggunakan moda transportasi darat berupa bus umum. Traveler bisa mencari agen bus yang menyediakan rute ke Wonosobo dari Jakarta. Traveler harus memastikan bahwa bus yang Traveler pilih tidak melakukan transit di kota lain. Beberapa bus yang bisa jadi pilihan dengan rute Jakarta-Wonosobo adalah Bus Sinar Jaya, Bus Sudirman, Bus Damri, Bus Dieng Indah dan masih banyak lainnya.  Traveler bisa menyesuaikan ketersediaan bus tersebut di terminal keberangkatan Traveler dari Jakarta.

Waktu keberangkatan yang tepat pada sore hari, antara jam 16.00 atau 17.00. Sesuaikan dengan jadwal keberangkatan busnya. Berangkat pada sore hari sangat disarankan karena Traveler akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 13 jam dan diperkirakan sampai di Terminal Mandala pada pagi hari.  

Sesampainya di terminal Mandala, Traveler bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Wonosobo, untuk melanjutkan perjalanan menuju Dieng. Traveler bisa menggunakan bus jurusan Parakan-Wonosobo atau Purworejo Wonosobo. Setelah itu baru Traveler bisa melanjutkan perjalanan menuju Dieng dengan mikro bus jurusan Wonosobo-Dieng-Batur.

Jika Traveler tidak ingin ribet, traveler bisa menggunakan transportasi pribadi. Selain bisa menghemat waktu, mungkin Traveler juga bisa menghemat bujet karena pergi beramai-ramai dengan cara shared cost.

Menggunakan kereta juga bisa jadi pilihan kedua

Traveler juga bisa menggunakan kereta, hanya saja, Traveler harus mengakhiri perjalanan di Purwokerto atau di Pekalongan. Nah, dari Purwokerto atau Pekalongan barulah Traveler bisa melanjutkan perjalan menuju Dieng.

Jika Traveler ingin sedikit nyaman dan cepat, pesawat bisa jadi soluM

Pilihan lain menuju Dieng adalah menggunakan pesawat. Dari Jakarta Traveler harus mengakhiri perjalanan di Semarang. Nah, dari Semarang traveler tetap harus menggunakan bus menuju Dieng. Waktu tempuh dari Semarang ke Dieng sekitar 4-5 jam perjalanan. Memang lebih singkat dibandingkan menggunakan bus dari Jakarta, namun cost yang Traveler keluarkan juga akan semakin banyak.

Banyak pilihan tempat bermalam di Dieng

Traveler jangan khawatir akan menginap di mana. Di Dieng banyak sekali homestay yang bisa kalian pilih. Dari rate harga 100 ribu hingga 500 ribu. Tergantung fasilitas yang ditawarkan. Traveler bisa memesannya secara online menggunakan agen tiket online. Jika sempat Traveler pun bisa melakukan booking di tempat atau go show.

Jangan lupa mencicipi kuliner khas Dieng

Salah satu kuliner khas Dieng adalah mie Ongklok. Berkunjung ke Dieng dan Wonosobo tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kudapan yang satu ini. Selain itu, Traveler juga bisa menikmati tempe kemul yang panas, pas banget dengan cuaca Dieng yang dingin.

Berkunjung ke destinasi favorit di Dieng

Salah satu destinasi wisata yang harus Traveler kunjungi saat ke Dieng, Candi Arjuna. Doc : Kapankitakemana.id

Sesampainya di Dieng, Traveler harus mendata beberapa destinasi yang harus traveler kunjungi, seperti bukit si kunir. Di sana Traveler bisa hunting sunrise yang indah. Bukit si kunir adalah salah satu destinasi unggulan Dieng.

Destinasi Dieng lainnya yang harus Traveler kunjungi adalah Candi Arjuna. Hanya dengan membeli tiket masuk sebesar Rp5.000, traveler sudah bisa masuk ke pelataran Candi Arjuna. di kawasan ini, prosesi pemotongan rambut gimbal pun dilakukan pada saat Dieng Culture Festival. Tentu area ini akan sangat ramai dengan pengunjung.

***

Siapkan waktu liburan yang panjang ya! Berkunjung ke Dieng tidaklah puas jika hanya dilakukan di akhir pekan saja. Traveler bisa mengambil cuti atau mencari hari libur nasional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.