Let’s travel together.

Serunya Melihat Anak-anak di Blora yang Lincah Membawakan Kesenian Barong

0 121

Kesenian Barong atau Barongan memang dikenal di kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kesenian Barong ini merupakan kesenian rakyat  yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora. Dalam kesenian Barongan ini mencerminkan sifat-sifat kerakyatan masyarakat Blora, yaitu spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, keras, kompak, dan keberanian yang dilandasi dengan kebenaran.

Jika traveler datang ke Blora, alangkah serunya jika traveler mempunyai kesempatan untuk menyaksikan kesenian Barong ini. Apalagi pemainnya anak-anak, seperti pertunjukan pada saat penyambutan tamu praktisi gamelan dari 10 negara (15/08) lalu. Mereka nampak lihai dan lincah dalam memainkan alat musik (gamelan) dan menari menggunakan topeng barongan.

Kelompok kesenian Barongan anak-anak.
Doc : kapankitakemana.id

Kesenian barong tidak lepas dari topeng yang terlihat menyeramkan. Seperti Singo Barong atau singa besar sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas. Para penari terlihat sangat lincah menirukan gerakan-gerakan keperkasaan Singa Raksasa. Dalam satu pertunjukan terdapat sebuah cerita dan peran tokoh di dalamnya. Salah satunya adalah Gembong Amijoyo yang berarti harimau besar yang berkuasa.

Kelincahan peserta kesenian Barongan.
Doc : kapankitakemana.id

Peran singo barong disajikan secara totalitas dalam pertunjukan karena merupakan tokoh yang sangat dominan. Selain itu ada beberapa tokoh pendamping yang tidak dapat dipisahkan, yaitu Bujangganong, Pujonggo Anom Joko Lodro, Genderuwo Pasukan berkuda, dan Reog Noyontoko Untub.

Musik pendamping kesenian Barongan

Pertunjukan kesenian Barongan.
Doc : kapankitakemana.id

Kesenian Barongan ini pun tidak lengkap tanpa adanya musik pendamping yang harmonis dan selaras seperti kelompok gamelan. Instrumen musik tersebut terdiri dari kendang, Gedhuk, Bonang, Saron, Demung, dan Kempul. Perpaduan komponen-komponen alat musik tersebut menjadi sebuah nada yang harmonis.

Para pemain yang masih anak-anak itu pun membawakannya dengan lugas dan terampil dalam menabuhnya. Hal itulah yang membuat para pengunjung berdecak kagum dengan penampilan kesenian Barongan tersebut. Nampak juga beberapa tamu dari luar negara.

Sejarah kesenian Barongan

Doc : kapankitakemana.id

Sementara kesenian barongan ini bersumber dari hikayat Panji, yaitu suatu cerita yang diawali dari iring-iringan prajurit berkuda mengawal Raden Panji Asmarabangun atau Pujonggo Anom dan Singo Barong untuk melamar gadis seorang anak raja.

Kesenian barongan ini harus dilestarikan, karena merupakan salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia. Jadi jika Traver sedang berkunjung ke Blora, Traveler bisa mengunjungi  sanggar ke kesenian Barongan. Disana kalian dapat menyaksikan secara langsung pertunjukan barongan tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.