Let’s travel together.

Begini Cara Menikmati Liburan Nyaman di Vietnam

0 86

Beberapa destinasi di Vietnam masih memiliki daya tarik untuk didatangi. Namun banyak sekali yang menganggap bahwa Vietnam bukanlah negara yang aman dikunjungi. Pasalnya, tindak kriminal di sana masih dianggap banyak dan sering terjadi pada turis atau pendatang. Lalu bagaimana mengatasi tindak kriminal tersebut? Nah, Kapankitakemana akan membagikan beberapa tips agar Traveler merasa nyaman saat liburan ke Vietnam.

Landmark Ho Chi Minh City

#1. Jika Traveler adalah traveler pemula maka jangan sekali-sekali melakukan solo traveling.

Melakukan solo traveling ke Vietnam sah-sah saja. Namun jika kalian adalah traveler pemula (tidak memiliki pengalaman berpergian) sebaiknya jangan menuruti dan ego hati untuk jalan sendirian. Jika traveler memilih Vietnam sebagai destinasi perjalanan, maka traveler bisa mengajak teman untuk bergabung dalam trip kalian. Meskipun bersama-sama masih belum aman seratus persen.

#2. Carilah informasi mengenai Vietnam terlebih dahulu!

Sebelum memulai perjalanan, mencari infomasi adalah satu hal utama yang harus dilakukan terlebih dahulu. Carilah referensi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi yang akan kalian kunjungi. Mulai dari bagaimana cara ke sana, transportasi apa yang bisa digunakan di sana, ada apa saja di sana, dan seperti apa situasi yang terjadi di sana.

#3. Siapkan penginapan sebelum tiba di sana.

Memilih penginapan dan booking secara on the spot memang bisa menjadi pilihan terakhir. Namun, sebelum berangkat, baiknya Traveler mempersiapkan penginapan selama di sana. Hal ini akan memberikan Traveler kenyamanan, karena saat tiba di Vietnam, kalian sudah punya tujuan yang jelas untuk tinggal. Beda halnya jika belum mendapatkan penginapan. Waktu kalian pun akan terbuang percuma untuk mencari penginapan yang sesuai dengan bujet.

#4. Susun itinerary atau jadwal perjalanan dengan matang.

Menyusun itinerary itu penting, lho! Traveler bisa tahu rencana apa saja yang akan kalian lakukan selama di Vietnam. Susunlah jadwal sesuai dengan kebutuhan, perhitungkan juga waktu perjalanan dan waktu untuk menjelajah lokasi yang akan dikunjungi. Jangan terlalu memaksakan jika memang tidak memiliki waktu yang longgar untuk melakukannya.

Salah satu destinasi yang bisa Traveler kunjungi di Vietnam adalah susur sungai Mekong. 

Traveler bisa mengumpulkan beberapa destinasi yang saling berdekatan. Misalnya, bila ingin explore daerah kota di Ho Chi Minh City, Traveler harus mengumpulkan destinasi mana yang akan dikunjungi, perhitungkan jarak antara destinasi satu ke destinasi lainnya. Contohnya Traveler ingin mengunjungi Museum War, nah pilih destinasi selanjutnya yang dekat dengan museum War.

#5. Rencanakan juga transportasi apa yang akan Traveler gunakan selama di sana.

Cari tahu informasi transportasi yang akan digunakan selama di sana. Cari tahu juga biaya secara umum agar kalian tidak terkena scam. Ingat, banyak sekali traveler yang terkena scam saat naik transportasi umum seperti taksi, oleh karena itu ada baiknya kalian mencari informasi secara detil.

#6. Mengikuti tur bisa menjadi alternatif untuk menghemat biaya.

Tidak semua destinasi di Vietnam bisa dijangkau dengan mudah dan murah tentunya, menyusuri sungai Mekong misalnya. Untuk mengatasinya, Traveler bisa mencari tour travel untuk join bersama. Jatuhnya sih lebih murah dibandingkan kalian jalan sendirian ke sana. Kekurangannya adalah waktu kalian akan dibatasi. Namun demikian secara umum mengikuti paket tur di Vietnam sangat disarankan demi kenyamanan perjalanan kalian.

#7. Jangan sekali-kali jalan di trotoar dengan menenteng barang-berharga.

Tindakan kriminal bisa terjadi di mana saja di Vietnam. Jangan sekali kali jalan di tempat yang sepi dan pada saat malam atau dini hari. Apalagi sambil menenteng barang berharga seperti ponsel atau kamera. Pasalnya kalian tidak akan tahu siapa yang sedang mengintai perjalanan kalian.

***

Nah, 7 hal tersebut bisa kalian gunakan sebagai panduan untuk melakukan perjalanan ke Vietnam. Ingat, tetaplah waspada dan jangan terlalu percaya dengan orang yang baru saja kalian kenal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.