Let’s travel together.

Patung Karakter Bisa Menjadi Buah Tangan Setelah Pulang dari Desa Wisata Kandri

0 90

Traveling tak lengkap jika tak membawa buah tangan. Tentunya untuk kerabat Traveler tercinta dong. Nah, jika Traveler sedang berkunjung ke Desa Wisata Kandri, Travelers bisa membawa oleh-oleh berupa cendera mata khas Kandri berupa patung karakter.

Patung karakter ini diproduksi oleh Kandri Ethnic. Penggagasnya masih muda lho.  Muhammad Nur Husain (27) yang akrab dipanggil Sadam, menuturkan bahwa mulanya dia ingin membuat sebuah kerajinan yang khas di daerahnya, yaitu Kandri, yang sudah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah desa wisata.

proses produksi patung karakter

Inspirasi pembuatan patung karakter muncul dari sawah

Sadam menjelaskan bahwa ide pembuatan patung karakter tersebut bermula saat dirinya melakukan aktivitas di pagi hari, yaitu jalan-jalan pagi. Saat melewati pematang sawah dia bertemu dengan beberapa petani yang sedang melakukan aktivitasnya.

Dari sanalah ide itu mulai muncul. Sadam pun mencari beberapa bahan yang untuk membuat cendera mata tersebut. Sampah organik pun menjadi pilihannya, seperti daun kering, kulit pohon, dan ranting kering. Semua bahan-bahannya berasal dari bahan organik yang sudah tidak terpakai.

Proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan sampah organik

Bagi Sadam, tak ada barang bekas yang tak bisa digunakan. Mulai dari kayu bekas yang dibentuk bulat untuk dijadikan kepala, ranting kering yang akan menjadi kerangka orang, hingga serbuk kayu yang berfungsi sebagai alat perekat.

Sadam pun mempraktikkan bagaimana dia mencari bahan-bahan bekas tersebut dan merakitnya menjadi karakter orang-orang sawah hingga proses finishing.

Cendera mata khas Desa Wisata Kandri banyak diminati dari berbagai kalangan, bahkan sudah di ekspor ke mancanegara

Desa wisata kandri
Cendramata khas Desa Wisara Kandri

Kandri Ethnic yang berdiri sejak tahun 2013 ini mampu memenuhi pasar domestik maupun Internasional. Selain pengunjung yang datang ke Kandri, cendera mata ini pun sudah diminati banyak orang bahkan sudah diekspor ke Luar Ngeri juga, lho.

“Kalau pasar lokal, biasanya saya kirim ke Bandung, Jogja, dan Jakarta. Kalau pasar luar negeri saya sudah sampai Norwegia dan Jepang” kata Sadam.

Desa wisata kandri

Proses pemasaran cendera mata ini sudah menggunakan teknologi digital, yaitu menggunakan online marketing. Harga setiap cendera mata yang dijual pun beragam. Mulai dari Rp50.000 hingga jutaan rupiah. Tergantung kerumitan proses pembuatannya. Biasanya yang dipatok dengan harga jutaan adalah pembuatan diorama, yaitu patung karakter yang bercerita.

***

Nah, jika Traveler berkunjung ke Kandri, rasanya ada yang kurang kan kalau tidak membawa 1 buah tangan dari Kandri Ethnic.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.