Let’s travel together.

Menyusuri Surga Tersembunyi di Sinabang, Simeulue

0 143

Sinabang merupakan ibu kota Simeulue. Sebuah pulau kecil yang terdapat di Samudra Indonesia. Berjarak sekitar 194,46 km dari Meulaboh, Aceh. Pulau ini memiliki potensi wisata yang tak kalah kerennya dari wilayah lain di Aceh. Namun, untuk menuju ke sana, Traveler harus mencari tahu terlebih dahulu cuaca yang sedang terjadi.

Pasalnya di sekitar Simeulue sering sekali terjadi badai yang tidak dapat diprediksikan. Demi kenyamanan perjalanan tentu informasi dari MBKG harus Traveler pantau secara berkala. Hal ini pun menyangkut ada tidaknya transportasi menuju ke sana.

Keindahan pantai yang masih alami. Photo by Kurnia Theo Rahmanto

Moda transportasi menuju Simeulue

Ada banyak cara menuju Simelue. Traveler bisa menggunakan moda transportasi udara atau menggunakan moda transportasi laut. Jika traveler berangkat dari Jakarta, Traveler bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta menuju ke Bandara Iskandar Muda Aceh, kemudian Traveler bisa transit ke Bandara Kuala Batu Abdya atau bandara Cut Nyak Dien, baru setelah itu dapat melanjutkan perjalanan menuju bandara Laskin Simeulue.  Selain itu, Traveler pun bisa menggunakan jalur melalui Bandara Kuala Namu Medan dengan direct flight menuju bandara Laskin Simeulue.

Jika Traveler ingin menggunakan transportasi laut maka Traveler dapat menyebrang dari Pelabuhan Meulaboh, Singkil atau Pelabuhan Haji menuju pelabuhan Sinabang. Harga tiket dari masing-masing rute pun tentu berbeda. Sesuaikan saja dengan budget yang Traveler punya.

Datang ke Simeulue, tak lengkap jika tidak mencicipi Mie Sinan

Kelezatan mie Sinan dengan toping kepiting yang menggoda. Photo by Kurnia Theo Rahmanto

Bagi kalian pecinta masakan laut, Mie Sinan Simeulue patut Traveler coba. Bayangkan saja, mie Aceh yang lezat itu jika ditambahkan dengan topping lobster dan kepiting jadi seperti apa rasanya? Tentu akan menggoda sekali. Kudapan Mie Sinan bisa Traveler temukan di sepanjang jalan di warung-warung mie pingir jalan di Sinabang.

Harga untuk satu porsi mie lobster pun terbilang sangat murah. Traveler bisa menebusnya dengan harga sekitar 45 ribu. Sedangkan untuk satu porsi mie kepiting bisa ditebus dengan harga sekitar 30 ribu saja. Tentu harga tersebut tidak akan Traveler dapatkan di kota-kota besar.

Destinasi di Simeulue merupakan surga tersembunyi

Temukan surga tersembunyi di Sinabang. Photo by Kurnia Theo Rahmanto

Untuk menuju ke pulau ini memang penuh perjuangan. Namun semua itu akan terbayar lunas jika sudah sampai di sana. Traveler akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Deretan pantai di Sinabang merupakan surga tersembunyi lho. Segala penat yang Traveler rasakan akan sirna jika sampai di sana. Pantai dengan pasir putih, dengan kombinasi langit biru akan Traveler temui.

Traveler juga bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise yang sempurna di sana. Pantai tersebut tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan dan beberapa masih perawan, belum tersentuh dan tercemar. Semua masih alami, hanya pelepah pohon pisanglah yang mengotori bibir pantai.

Saat siang hari, Traveler akan berjumpa dengan masyarakat yang sedang menggembala ternak mereka di kawasan pantai dan beberapa anak-anak lokal yang asik main di pantai. Beberapa pantai di sana memiliki ombak yang cukup besar, tak heran jika banyak sekali wisatawan mancanegara datang ke sana untuk surfing.

Penginapan

photo by : Kurnia Theo Rahmanto

Soal penginapan tentu Traveler tidak perlu khawatir. Di sana banyak sekali penginapan di pinggir pantai dan resort-resort yang bisa Traveler booking. Fasilitasnya pun tidak kalah dengan hotel berbintang di kota-kota besar. Beberapa resort pun sudah dapat ditemui di Agen Travel Online. Traveler dapat menyesuaikan budget saja.

Travel hack

Agar perjalanan Traveler lancar selama di sana, Traveler bisa meyewa motor sebagai alat transportasi selama di sana, karena tidak ada transportasi umum di sana. Jika dirasa berat, maka traveler bisa ikut paket trip yang tersedia.

Untuk memperlancar komunikasi, traveler bisa menggunakan telkomsel sebagai pilihan. Sinyal provider ini dirasa cukup baik untuk digunakan di sana. Jika semuanya sudah siap, maka siapkan waktu cuti yang panjang ya, karena untuk menyusuri Sianabang tidak cukup jika hanya dua hari saja.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.